Sabtu, 01 Desember 2012

Fungsi Lookup


Setelah kita berbicara fungsi statistika dan fungsi logika if pada postingan sebelumnya, mari kita lanjutkan pembelajaran kita tentang Fungsi-fungsi yang ada pada Microsoft Excel, dan yg akan kita pelajari adalah tentang Fungsi Lookup.
Apa itu Fungsi Lookup? Yup, mungkin terasa sedkit asing bukan? Jadi Fungsi Lookup itu merupakan Fungsi untuk mencocokan sebuah data dengan table yang disiapkan secara khusus.
Ada 2 macam Fungsi Lookup, yaitu data table vertical dan data table horizontal. Untuk data table vertical kita menggunakan fungsi VLOOKUP, sedangkan untuk table horizontal kita pakai HLOOKUP
Untuk sintak dan argument dari VLOOKUP dan HLOOKUP adalah sebagai berikut:

-VLOOKUP
=VLOOKUP(teks,table_refrensi,posisi)
Tapi terkadang ada yg harus di tambah kolom, jadi =VLOOKUP(teks,table_refrensi,posisi,0)

HLOOKUP
=HLOOKUP(teks,table_refrensi,posisi)
Tapi terkadang ada yg harus di tambah kolom, jadi =HLOOKUP(teks,table_refrensi,posisi,0)

Ayo coba kita praktikan fungsi-fungsi tersebut
Di bawah ini terdapat sebuah table kasus untuk VLOOKUP


Ket:
Table inti: kolom nama sampai kolom nila
Teks : pada kolom Nilai
Table refrensi : table kedua yang ada di bawah

Nah coba perhatikan, table inti yang akan kita uji berupa kolom nilai yang berisi A,B dan C dalam table refrensi. Untuk pencocokan table inti dan table refrensi tergantung pada posisinya. Posisi 1 akan memilih kolom 1 table refrensi, begitu juga dengan selanjutnya.
Bingung kan, kita langsung praktekan saja
  1. Arahkan kursor pada D2
  2. Ketikan =VLOOKUP(C2,$A$8:$B$10,2,0)
  3. Tekan tombol enter
Drag D2 untuk menguji kolom yang lain

Cukup sulit,tapi sebenarnya Fungsi Lookup adalah penyederhanaan dari Fungsi IF, sehingga lebih simple, tapi kok berasa susah?
Itulah, coba pelajari lagi, dan cermati, sebenarnya mudah kok
Selamat Mencoba

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar